Bisnis dan Ekonomi

Kamu Punya Gaji Pas-pasan? Ini Dia Tips Mengatur Keuangannya

Tentunya kita sudah sering mendengar sebuah pepatah, bahwa hemat merupakan pangkal kekayaan. Sedari itu, kita benar-benar harus pandai dalam mengatur keuangan. Ya, terlebih bagi yang memiliki pendapatan pas-pasan, dimana menghemat ini merupakan hal yang wajib untuk kita lakukan. Lalu, bagaimanakah cara mengatur keuangan bagi yang bergaji pas-pasan? Nah, biar kalian gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasan di bawah ini.

1. Usahakan Agar Pengeluaran Tidak Lebih Besar Dari Pendapatan

Seperti sebuah pepatah yang mengatakan “lebih besar pasak daripada tiang”. Ya, pepatah tersebut berarti bahwa pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Dalam hal ini, kamu harus mengecek apakah totalnya tidak melibihi dari pendapatanmu, atau justru sebaliknya? Apabila hasilnya ternyata lebih besar dari pendapatan, maka sudah saatnya bagi kamu untuk memotong anggaran kebutuhan hari-harimu. Dengan kata lain, jangan belanjakan uangmu pada hal-hal yang tidak penting.

2. Usahakan Memiliki Dana Cadangan Minimal Sebesar Tiga Kali Lipat Pengeluaran Bulanan

Jika kamu pada setiap bulannya mendapatkan gaji sekitar Rp 5 juta dan pengeluaran bulananmu mencapai Rp 3 juta, maka kamu harus menyisihkan uang sebesar Rp 9 juta setiap tahunnya. Dana cadangan ini di luar tabungan yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan mendadak, seperti biaya rumah sakit, perbaikan rumah, perbaikan perabotan, dan lain sebagainya.

3. Biasakan Menabung dan Berinvestasi

Tak hanya dana cadangan, sangat disarankan juga bagi kamu untuk menabung setiap bulannya minimal 15% dari total gaji yang kamu dapatkan. Seandainya kamu masih mempunyai sisa uang, sebaiknya gunakan sisa uang tersebut diinvestasikan untuk masa depan, seperti membeli tanah atau perhiasan.

4. Usahakan Uang Jajanmu Hanya Mencapai 10% Dari Gaji

Meski bergaji pas-pasan, bukan berarti bahwa kamu tidak boleh jajan. Namun, kamu juga jangan sampai gelap mata saat jajan ya! Dalam hal ini, usahakan jatah uang jajanmu tidak lebih dari 10% dari total gaji. Tak hanya itu, pastikan pula untuk tidak menghabiskan jatah jajanmu dalam satu hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *