Kuliner

Sejuta Manfaat Ajaib Pare Untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu sayuran yang dikenal dengan rasanya yang pahit adalah pare. Karena rasanya yang pahit sehingga tidak semua orang menyukai sayuran tersebut. Padahal dibalik rasanya yang pahit tersebut, pare memiliki sejuta manfaat ajaib bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut dibawah ini sejuta manfaat ajaib pare untuk kesehatan tubuh diantaranya yaitu :

  1. Mencegah Penyakit

Kandungan vitamin C pada sayuran pare yang berasa pahit ini merupakan salah satu nutrisi yang bagus untuk daya tahan tubuh. Karena Vitamin C tersebut berperan penting untuk memperkuat imun tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit dan infeksi.

  • Mengurangi Gula Darah

Akhir akhir ini adanya sebuah penelitian yang menemukan jika pare dapat memberi efek positif bagi penderita gejala diabetes. Saat adanya 40 orang pengidap diabetes dalam setiap harinya mengkonsumsi 2 gram pare, maka akan dapat membantu menurunkan gula darahnya secara signifikan.

Hal tersebut dikarenakan pare dapat meningkatkan kadar insulin yang diproduksi pankreas. Insulin sendiri merupakan enzim yang bertanggungjawab akan tinggi rendahnya tingkat gula darah didalam tubuh manusia.

  • Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Ternyata pare juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Hal tersebut terbukti dari adanya sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus sebagai bahan percobaan. Tetapi terkait hal itu tidak adanya percobaan yang dilakukan pada manusia.

  • Mengurangi Berat Badan

Ternyata saat sedang menjalankan program penurunan berat badan juga dapat memanfaatkan pare. Pasalnya kandungan kalori dalam pare sangat rendah tetapi memiliki serat tinggi. Kandungan serat yang tinggi dalam pare tersebut dapat memberi sensasi kenyang yang lebih lama di perut sehingga rasa lapar dan nafsu makan akan berkurang.

  • Menjadikan Kulit Dan Mata Menjadi Lebih Sehat

Pare tidak hanya mengandung Vitamin C saja tetapi juga mengandung Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit. Seperti yang diketahui jika Vitamin A memang bagus untuk mencegah rabun dan menjadikan kulit lebih cantik dan sehat.

Tetapi yang perlu diperhatikan adalah dalam mengkonsumsi pare ini tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan sakit perut, diare, serta muntah muntah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *